Minggu, 31 Januari 2010

Jolobio by Tuty


Ibu2 moderator Banana Week yang manis,
Dalam rangka meramaikan NCC Banana Week, saya mengirimkan Jolobio sepiring ya...maaf datangnya hampir terlambat.Bagi yang belum faham tentang Jolobio, kudapan ini terbuat dari pisang ambon yang sudah terlalu matang (dalu - bahasa Jawa) yang dicampur dengan tepung ketan. Asal makanan kuno ini kemungkinan besar dari Semarang atau daerah sekitarnya. Tekstur Jolobio setelah digoreng, kenyal seperti mochi. Biasanya, jolobio ini dimakan dengan sirup gula Jawa. Tapi saya coba kasih topping Nutella, ternyata enak sekali.
Silakan coba ya.Resep yang saya dapat dari Oma, sederhana saja sampai tidak ada ukuran tepatnya. Jadi harus pakai naluri untuk mengetahui kelenturan adonan karena kandungan air di dalam pisang berbeda-beda. Cara membuatnya juga mudah. Semoga kudapan seperti ini tidak punah.
Resep Jolobio
Bahan untuk adonan:
1 pisang ambon yang matang sekali
3/4 - 1 cup Tepung ketan (tambah jika perlu)
Bahan untuk topping:
Sirup gula Jawa secukupnya
Nutella atau melted chocolate
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat:
Hancurkan pisang ambon sampai halus dengan garpu, lalu tambahkan tepung ketan secukupnya dan uleni sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
Panaskan minyak goreng di atas api sedang.
Ambil adonan secukupnya dan pulung sehingga berbentuk silinder dengan diameter 1cm dan panjang sekitar 12 cm. Kemudian bentuk lingkaran spt donat.
Goreng sampai seluruh permukaan berwarna coklat muda lalu tiriskan di paper towel.
Sajikan dengan topping sesuai selera.
Catatan: Kalau sudah dingin, biasanya jolobio agak mengkerut.
Tuty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar